Belajar Blog Untuk Pemula

Menjadi seorang Blogger memang belum terlalu diminati di Indonesia. Melihat data statistik, hanya 3.5% dari 88.1 juta lebih pengguna internet di Tanah Air tahun 2015. Jumlah yang sangat sedikit dibanding para pemburu informasi di Dunia Maya.


Belajar blog untuk pemula
Kendati jumlah Blogger yang tidak banyak, Saya yakin para Blogger ini akan tetap bertahan dan konsisten menjadikan Blogger sebagai profesi. Suatu pekerjaan yang sama bahkan lebih dibanding profesi di dunia nyata. 

Panduan ini bukan untuk memotivasi sobat untuk memulai Blogging. 

Tidak sama sekali..!! Ini ditujukan kepada Sobat yang sudah terlanjur nge-blog atau biasa disebut Blogger Pemula. 

Ini juga bukan untuk semua yang sudah terlanjur nge-blog. Bukan untuk blogger yang sudah mapan dan punya kredibilitas di dunia blogging. 

Terus ini buat siapa donk? Panduan ini ditujukan kepada Sobat yang mencari tau jawaban dari pertanyaan berikut:
  • Bagaimana Cara Memulai dan Mengelolah Blog?
  • Bagaimana Cara Mendapatkan Banyak Pengunjung di Blog?
  • Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Blog?
Nah sekarang kita fokus dulu untuk poin pertama dan kedua, yaitu cara memulai blog dan cara mengelolah blog serta cara mendapatkan banyak pengunjung di blog. Kedua poin tersebut adalah hal yang paling urgen bagi para blogger pemula. Untuk poin ke-tiga secara otomatis akan mengikut jika poin pertama dan kedua Sobat sudah kuasai.

Kok poin ke-3 tidak terlalu urgen?
Bukankah jadi blogger adalah untuk mendapatkan uang dari internet?

Sabar..!! Maksud saya, Sobat tidak perlu repot-repot langsung pasang iklan sana sini pada blog Sobat atau bahasa gaulnya dalam dunia blogger adalah monitesasi blog.

Kata Mas Sugeng "Menghasilkan uang dari blog bukan cara cepat kaya" Jadi kalau alasan Sobat untuk menjadi blogger untuk cepat kaya mending sobat cari pekerjaan yang lain saja.

Karena untuk mendapatkan uang dari blog membutuhkan waktu yang panjang untuk bisa di Monetisasi. Jadi perlu kesabaran serta keuletan untuk mengelolah blog Sobat.

Pada blog Saya yang lain, membutuhkan waktu 2 (dua) tahun lebih untuk bisa Saya monetisasi. Alasan Saya simpel yaitu Saya fokus untuk memperbaiki blog saya untuk bisa mendapat banyak pengunjung. Otomatis jika blog ramai pengunjung maka besar peluang kita untuk bisa mendapat lebih banyak uang dari blog.

Jadi apa yang harus saya lakukan?

Jangan tergesa-gesa. Yang harus Sobat lakukan adalah mengolah blog Sobat dan menarik banyak pengunjung datang di blog kita. Karena jika tidak, sama halnya kalo kita jual banyak produk tapi kita jualannya di hutan yang gak ada orangnya, yakin gak ada yang beli, hehehehe. Jadi kita fokus dulu pada dua pertanyaan diatas.

Baiklah, kembali ke topik. Sekarang, memulai sebuah blog adalah hal yang sangat mudah tetapi untuk dapat trafik pengunjung yang banyak di blog itu yang susah. Sampai disini Saya anggap Sobat telah membuat dan memiliki sebuah blog.

Langkah yang paling awal kita akan mulai dari dasar yaitu tentang SEO (Search Engine Optimization). Semua hal mendasar tentang SEO akan kita bahas di sini.

Apa Itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses untuk mengoptimalkan website/blog kita supaya bisa menempati peringkat yang optimal pada hasil pencarian mesin pencari. Tujuan dari SEO adalah jelas menjadikan website kita punya peringkat yang optimal di mesin pencari.

Sehingga besar peluang blog kita untuk tampil di halaman pertama di google. Mengapa perlu tampil di halaman pertama google? Karena pengguna internet yang melakukan pencarian pada mesin pencari sudah pasti akan membuka dan mengunjungi website/blog yang ada pada halaman pertama. Otomatis blog kita memiliki peluang yang besar untuk mendapat banyak pengunjung.

Sama halnya jika Sobat mencari sesuatu di Google sebagai salah satu mesin pencari terbesar di dunia, maka setelah Sobat menuliskan kata kunci yang ingin dicari, kira-kira Sobat akan buka yang mana? Apakah yang kita buka adalah yang ada pada halaman kedua atau kah yang ada pada halaman pertama? 

Tentu saja Sobat akan membuka terlebih dahulu yang ada pada halaman pertama kemudian lanjut ke halaman berikutnya jika yang kita cari belum memuaskan. Nah sekarang kita sudah tahu betapa pentingnya sebuah blog bertengger pada halaman pertama google.

Bayangkan jika blog Sobat ada pada halaman 10 atau bahkan pada halaman 20 lebih, apakah ada yang akan berkunjung ke blog Sobat melalui mesin pencari? 

Padahal kebanyakan lalu lintas yang merujuk ke blog kita berasal dari mesin pencari, kecuali Sobat punya reputasi yang tinggi di media sosial dan punya banyak followers, bisa saja kita tidak perlu terlalu bergantung pada mesin pencari. Itupun jika mereka punya minat yang relevan dengan isi blog Sobat. Karena tidak semua followers memiliki minat yang sama.

Oleh karena itu, optimalisasi mesin pencari (SEO) sangat berperan penting untuk mendatangkan banyak pengunjung. Meski pun banyak blogger besar yang tidak terlalu merekomendasikan bagi pemula untuk belajar tentang SEO. Menurut Saya itu adalah hal yang konyol dan tidak masuk akal.

Sekarang Sobat sudah tau tentang "Apa itu SEO?". Selanjutnya mari kita bahas konsep-konsep dasar SEO: 

Perbaiki Blog

Sebelum kita melangkah terlalu jauh, pertama kita bahas dulu tentang struktur blog yang SEO friendly. Maksud dari struktur blog adalah bentuk template penyusun blog yang Sobat kelolah baik itu tampilan luarnya maupun struktur kode penyusunnya seperti Meta Description, Title Tag, dan Tag Heading. 

Jangan lupa juga terhadap kecepatan blog Sobat harus di perhatikan karena pengunjung biasanya langsung menutup blog/situs yang lambat memuat.

Apa yang harus Saya perbaiki pada blog milik Saya?
1. Pemilihan Judul dan Jenis Blog Yang Tepat
2. Template Blog SOE Friendly
3. Percepat Loading Blog

Submit Blog pada Mesin Pencari

Setelah blog Sobat sudah diperbaiki, maka selanjutnya kita submit blog pada mesin pencari. Ini penting supaya blog sobat dikenal dan diindeks oleh para mesin pencari. Jika tidak maka jangan harap blog kita akan muncul pada pencarian mesin pencari apalagi tampil dihalaman pertama.

Ada banyak mesin pencari yang tersedia di dunia maya, tapi yang patut untuk dipertimbangkan adalah mesin pencari Webmaster Tools Google dan Bing. Kedua mesin pencari tersebut adalah paling populer dan banyak penggunanya, jadi sangat disayangkan jika blog Sobat tidak terindeks pada mesin pencari tersebut.

Selain Submit, Sobat juga harus menjaga kesehatan blog Sobat pada webmaster tools tersebut. Rajin memperbaiki ketika ada error dan peringatan dari webmaster tools.

Apa yang harus Saya lakukan tentang Submit Blog pada Mesin Pencari?
1. Daftar dan Submit Blog pada webmaster tools milik Google
2. Daftar dan Submit Blog pada Bing webmaster tools
3. Gunakan Situs Submit otomatis ke semua mesin pencari
4. Menjaga Kesehatan Blog pada Webmaster Tools

Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Pemiilihan kata kunci yang tepat adalah faktor penting untuk menentukan blog Kita akan berhasil atau tidak. Karena kata kuncilah yang akan membawa pengunjung ke blog kita sesuai target. Ketika pemilihan kata kunci tidak tepat maka akan sia-sia banyak pengunjung yang datang ke blog kita tapi diantar oleh kata kunci yang tidak tepat atau tidak tertarget ke blog kita.

Seperti ini, anggaplah Sobat mempromosikan dan menjual baju di blog Sobat. Dan kata kunci yang sobat miliki tidak relevan terhadap tema serta isi blog Sobat dan ada seorang pengunjung yang mencari sesuatu di mesin pencari. 

Kebetulan kata kunci yang ditulis pada mesin pencari memunculkan blog sobat pada halaman pertama, tapi sayangnya bukan kata kunci yang relevan dengan tema/pembahasan blog Sobat. Ada dua kemungkinan besar yang akan terjadi. Pertama pengunjung langsung keluar dan menutup blog Sobat karena menganggap dirinya nyasar dan yang kedua jika sobat jualan maka secara otomatis tidak akan laku karena tidak sesuai yang di cari oleh pengunjung.

Betapa pentingnya kata kunci yang tepat untuk blog Sobat demi meningkatkan pendapatan blog kita nantinya.

Apa yang Harus Saya Lakukan Untuk Kata Kunci yang Tepat?
1. Riset Kata Kunci
2. Pemilihan Short-tail dan Long-tail Keywords 

Nah selanjutnya adalah langkah yang juga sangat menentukan setelah semua yang diatas telah sobat kerjakan untuk menampilkan blog pada halaman pertama mesin pencari. Semua mesin pencari memiliki metode yang berbeda dengan mesin pencari lainnya untuk memberi rangking blog kita di pencarian mereka tapi pada prinsipnya semuanya hampir sama. 

Maka sobat perlu mempertimbangkan beberapa hal dibawah ini:
1. Membuat Konten yang Berkualitas
2. Membangun Backlink Berkualitas
3. Promosikan Blog
4. Gunakan Tools SEO
5. Monetisasi Blog

Demikian panduan belajar blog untuk pemula. Tulisan ini akan selalu diupdate dan dilengkapi sehingga bisa menjadi panduan yang berkualitas bagi sobat. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Previous
Next Post »