Cara Memilih Judul Blog Dengan Tepat

Setelah sobat memutuskan untuk menjadi seorang blogger maka yang harus sobat pertimbangkan adalah bagaimana cara memilih judul blog dengan tepat sehingga bisa menarik banyak pengunjung. Memilih judul blog yang baik atau tepat menjadi sesuatu yang sangat penting dalam membangun blog sobat, Kenapa? Karena judul blog merupakan brand atau identitas blog sobat.
Memilih Judul Blog

Sama halnya dengan manusia, kita semua pasti punya nama dan nama itulah yang menjadi tanda pengenal kita yang paling utama.

Jadi memilih judul blog, benar-benar harus sobat pikirkan matang-matang. Jangan sampai di tengah perjalanan sobat ingin mengganti judul blog, ini tentu saja buruk di mata mesin pencari (Search Engine).

Ketika blog sobat berkenalan pertama kali dengan mesin pencari, blog sobat memperkenalkan nama atau judulnya. Tapi setelah blog sobat tiba-tiba mengganti nama maka blog sobat bisa saja tidak dikenal lagi oleh mesin pencari dan harus memulai lagi dari awal untuk berkenalan kembali.

Dampak jika blog sobat tidak di kenal mesin pencari adalah pengunjung akan tersesat ketika ingin mencari blog sobat lewat mesin pencari tersebut. Hasilnya trafik pengunjung sobat akan berkurang dan mungkin tidak seramai sebelum sobat mengganti judul blog.

Sekarang sobat mungkin sudah meraba-raba begitu pentingnya memilih judul blog dengan tepat. Dan berikut saya berikan beberapa opsi yang bisa sobat pilih salah satunya untuk tips memilih judul blog yang tepat:

Judul Blog Yang Relevan Dengan Tema Blog

Dalam opsi ini sebelum sobat lebih jauh melangkah, hal yang paling penting sobat lakukan sebelum memilih judul blog dengan tepat adalah menentukan tema blog sobat dengan pertimbangan bahwa judul blog harus menjelaskan isi blog. 

Kesalahan yang sering dilakukan dalam memilih topik blog menurut Mas Sugeng di sugeng.id bahwa "Sebelum sobat membaca tips bagaimana cara terbaik memilik topik untuk blog sobat, alangkah baiknya sobat membaca terlebih dahulu kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula dalam memilih topik blog di bawah ini:
  • Memilih topik yang populer tapi sama sekali tidak tahu apa-apa tentang topik tersebut
  • Meniru topik blog milik orang lain lain karena melihat mereka sukses
  • Memilih topik yang tidak jelas atau gado-gado
  • Memilih topik yang tidak memiliki banyak pembaca

Di atas adalah beberapa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula termasuk saya dulu. Alangkah lebih baik jika sobat tidak mengulangi kesalahan-kesalahan tersebut." 

Dengan kutipan Mas Sugeng diatas maka pemilihan judul blog berdasarkan tema (niche) blog perlu melihat beberapa hal berikut:
  • Jika sobat memutuskan untuk memilih atau menjadikan blog sobat sebagai blog berkategori maka pilihlah tema blog berdasarkan kemampuan sobat dalam kategori tertentu atau tema yang sobat kuasai dan sesuatu yang sobat sukai atau hobby sobat

  • Jika sobat ingin membuat blog untuk bisnis maka pilihlah tema blog sobat yang berkaitan dengan bisnis kita sekarang, atau bisnis yang akan kita jalankan. Atau apa yang kita jual sekarang dan yang ingin kita jual. Sehingga sobat nantinya bisa jualan di blog sendiri tanpa melalui pihak ketiga.

Judul Blog Sesuai Nama Komunitas 

Jika sobat ingin membuat blog sebagai blog komunitas dalam hal ini perkumpulan, lembaga maupun organisasi maka sobat bisa memilih judul blog berdasarkan nama dari komunitas sobat sendiri.

Judul Blog Sesuai Nama Pribadi

Memilih judul blog sesuai nama pribadi jika blog sobat jadikan blog personal. Maka sobat bisa menjadikan nama pribadi sobat sebagai judul blog kita. Nantinya sobat bisa menyalurkan pengalaman sobat kedalam bentuk tulisan yang nantinya akan kita tuangkan kedalam blog sobat. Lebih tepatnya blog kita jadikan sebagai diary eletronik.

Judul Blog Yang Unik

Sobat juga bisa memilih judul blog yang unik, ini berlaku jika kita ingin mengabaikan opsi pertama tadi yaitu judul blog yang relevan dengan tema/topik blog. Apakah ini jadi masalah? Tentu tidak, yang jelas sobat memiliki komitmen dan ke-konsisten-an memakai judul blog sobat. Yang menjadi masalah jika sobat selalu mengganti nama blog sobat seperti yang sebelumnya saya katakan di atas. Nah, untuk memilih judul blog yang unik maka sobat perlu mencari tahu nama-nama yang tergolong unik namun memiliki kesan terhadap sobat. Sehingga walaupun unik, sobat tetap merasa nama itu sudah menyatu dengan kehidupan sobat dan ini tetap menyenangkan.

Sebagai contoh, sobat memilih nama unik berdasarkan singkatan atau akronim dari beberapa kata maupun nama. Menggabungkan huruf dengan angka juga merupakan sesuatu yang unik, jadi ini bisa kita ambil sebagai pilihan.

Setelah sobat telah memutuskan untuk memilih salah satu opsi diatas maka ada hal yang perlu kita tahu dan menurut saya ini juga tidak kalah penting karena ini bersifat umum, artinya semua opsi pemilihan blog diatas perlu menerapkan hal ini. 
  • Singkat: Judul Blog yang singkat menguntungkan bagi pengunjung yang ingin mencari blog kita dengan mengetikkan kata kunci di browser mereka. 
  • Mudah Diingat: Judul Blog yang mudah diingat bisa membuat pembaca mudah untuk kembali ke blog kita dibanding judul blog yang susah untuk diingat.
  • Nama Blog Sama Dengan Alamat Url: Usahakan jika sobat sudah memiliki Judul Blog maka alamat url atau domain sobat sebisa mungkin sama dengan Nama Blog sobat.
  • Tidak Menggunakan Tanda Baca: Nama blog menggunakan tanda baca sebenarnya bukan masalah yang begitu serius karena banyak blog maupun website terkenal yang juga menggunakan tanda baca, namun tidak semua tanda baca mereka gunakan, yang paling sering saya lihat adalah tanda minus dalam bahasa inggrisnya hyphen (-). Tapi pada tanda baca yang lain seperti titik (.) koma (,) tanda tanya (?) dan lain sebagainya sangat jarang digunakan. Hal ini karena tidak terlihat profesional untuk sebuah nama. Kecuali hal tersebut benar-benar sobat butuhkan maka silahkan gunakan.
  • Memuat Kata Kunci: Satu keunggulan blog sobat jika judul blog memuat kata kunci adalah bisa Memaksimalkan Penggunaan Kata Kunci untuk SEO.
Demikianlah tips untuk pemilihan judul dengan baik, semoga bisa membantu. Jika ada masukan mengenai pemilihan judul blog maka silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah. Terima Kasih.
Previous
Next Post »