5 Tips Menulis di Blog Untuk Pemula

Suatu kepuasan tersendiri akhirnya postingan ini dapat saya tulis dan bagikan ke Sobat semua, walaupun dari Sobat banyak yang jauh lebih berpengalaman dari saya seputar dunia blogging. Dan masih sedikitnya pengalaman yang saya punya untuk bisa dibagikan kepada Sobat semua, saya sadar mungkin masih ada beberapa kekurangan dalam penulisan ini.

Blogging Tips For Beginnar
Disini saya akan mencoba membahas beberapa tips menulis di blog bagi pemula "Blogging Tips For Beginner". Mungkin dalam penulisan ini tersendiri masih ada beberapa yang belum saya terapkan karena faktor masih mencoba untuk belajar juga. Tapi jangan khawatir, selain pengalaman dan ide sendiri yang masih minim, Saya juga mencoba menyadur dari beberapa referensi terbaik menurut Saya mengenai penulisan ini. Olehnya saya berharap Sobat masih berkenan untuk meluangkan waktu untuk membacanya. 

Saya pernah mendengar Blogging disebut sebagai campuran antara Seni dan Ilmu. Dan saya pikir itu benar, Blogging bukan Ilmu pasti sehingga tidak ada yang bisa menjamin 'cara yang benar' untuk menjadi blogger sukses, semua orang memiliki peluang yang sama. Namun ada banyak orang yang telah melakukan banyak cara untuk menjadi Blogger yang sukses dan mereka berhasil, saya pikir itu akan berguna untuk kita pelajari.

Ada beberapa tips penting yang perlu kita pertimbangkan untuk diterapkan bagi blogging pemula, bahkan jika sobat bukan seorang pemula pun tips ini mungkin akan bermanfaat. Kenapa tidak karena banyak diantara blogger-blogger hebat yang telah membantu ribuan orang lewat penerbitan online. Namun, ada hari-hari ketika mereka juga merasa seperti pemula.

Ketika saya berhenti ngeblog pada tahun 2013 lalu saya baru menyadari betapa saya tidak tahu trik menulis di blog saya dan berhenti ngeblog. Jadi saya memutuskan untuk membuat daftar tips menulis yang harus dipahami oleh pemula dalam ngeblog.

Ada begitu banyak blog yang besar di Internet dan tidak sedikit juga yang jelek. Dan, mungkin saja saya termasuk yang jelek tadi. Sehinga terkadang ada beberapa orang mengeluarkan kata-kata kasar dan kurang baik. Begitu mengecilkan hati dan semangat untuk ngeblog jadi menurun, namun mental seorang blogger haruslah kuat walaupun didedikasikan untuk sikap pahit mereka. 

Ada kutipan, Blogger adalah sesuatu yang mulia ketika menggunakannya untuk kebaikan. Dan, apakah sobat percaya pada keberuntungan, karma, atau berkah? Ingat bahwa kebaikan membawa kebaikan, tidak hanya untuk orang lain tapi untuk diri sendiri.

Berikut tips blogging untuk pemula yang telah saya rangkum dan dianggap penting untuk diketahui oleh blogger:
  • Menulis Untuk Diri Sendiri
  • Menulis Seperti Sobat Bercerita
  • Menulis Sesuatu Yang Disukai
  • Memahami dan Menghargai Audiens Sobat
  • Dapatkan Ide Dari Audiens

Menulis Untuk Diri Sendiri

Adii Pienaar, Pendiri PublicBeta"Menulis untuk diri sendiri adalah yang paling utama. Mengabaikan fakta bahwa orang lain akan membaca apa yang Anda tulis; hanya fokus pada pikiran, gagasan, pendapat dan mencari cara untuk menempatkan figur dalam tulisan. Menulis itu dan mereka akan datang."


Pengalaman Adii dalam menulis untuk dirinya sendiri terlebih dahulu telah membuat perbedaan untuk blog-nya dan menjadi karakter bagi dirinya sendiri hingga ia menjadi terkenal dan karyanya dijadikan referensi oleh orang lain.

"Ya, karena saya sudah menulis untuk diriku sendiri, saya telah menemukan bahwa saya telah banyak menulis dan sering saya publikasikan. Saya pikir meskipun bahwa alasan utama untuk itu adalah saya tidak memutuskan apakah akan menerbitkan sesuatu berdasarkan traksi atau diterima oleh audiens saya; Sebaliknya saya mempublikasikan sesuatu karena kemauan saya, Untuk diri saya."

Jika sobat benar-benar pemula dalam ngeblog, ada baiknya sobat menulis untuk diri sendiri dulu, seperti nulis tentang diri sendri, pengalaman, ilmu maupun harapan-harapan yang sobat miliki. Keuntungannya adalah kita tidak repot mencari bahan untuk dijadikan konten dan yang kedua kita tidak perlu khawatir tulisan kita di terima atau tidak oleh orang lain, toch ini kita buat hanya untuk diri kita sendiri.

Setelah sobat mulai memiliki kredibilitas dan kepercayaan dari audiens barulah sobat memikirkan sesuatu yang juga di sukai oleh audiens.

Menulis Sesuatu Yang Disukai

Apakah tema/niche blog sobat? Memasak? Olahraga? Teknologi? Pemerintah? Seni? Apa pun itu, pastikan bahwa sobat menyukainya. Dan jika tidak maka saya yakin sobat tidak akan betah dan bertahan lama untuk mengelolahnya (atau sobat akan berhenti).

Hal tersebut bisa terjadi karena kita tidak memiliki gairah untuk menulis tentang topik tersebut, selain itu kita juga tidak memiliki banyak pengetahuan yang akan kita tawarkan kepada pembaca. Menulis selalu menjadi beban dan sulit untuk menyelesaikan satu pembahasan.

Jadi, pikirkanlah dimana letak gairah sobat dan buatlah tulisan tentang hal tersebut. Pokoknya, menulislah tentang apa yang sobat cintai dan tetap setia pada blog sobat. Jangan lupa untuk mempertimbangkan apa yang disukai oleh pembaca.

Intinya menulislah tema yang kita sukai dan disukai oleh audiens.

Menulis Seperti Sobat Bercerita

"Menulis saja dulu, jangan pikir tulisan bagus atau tidak, benar atau salah. Tuliskan saja semua yang ada di pikiran, anggap sedang berbicara kepada seseorang. Jangan dinilai dulu."

Mugniar, Pemilik Blog Mugniar's Note

Saya suka membaca sebuah blog seperti blog milik Mbak Mugniar pada Mugniar's Note. Di mana kepribadian penulis bersinar tepat melalui kata-kata yang tertulis pada kontennya. Kita bisa merasakan penulis ada di depan kita dan sedang ngobrol dengan para pembacanya, berbagi pikiran mereka. Posting terasa lebih menarik dan sangat interaktif. Biarkan pembaca sobat membangun hubungan dengan sobat sementara pembaca hanya membaca konten yang sobat tulis.

Lebih lanjut Mbak Mugniar menambahkan tips sebelum tulisan benar-benar kita publish mengatakan bahwa:

"Usai ditulis semua, endapkan beberapa lama. Beberapa orang mengatakan selam 3 hari. Tapi kalau Anda menganggap 3 jam cukup, bisa jadi diendapkan selama 3 jam. Setelah itu baru dibaca kembali, dinilai sesuai norma-norma yang berlaku, dan di-edit. Kalau perasaan sudah sreg membacanya, barulah dipublikasi. Ini untuk menghindari dampak negatif bila menulis dalam keadaan emosi agar tulisan tidak berdampak buruk kepada kita. Biasa pula, setelah diendapkan baru muncul ide-ide baru yang bisa memperindah tulisan kita."

Jadi tulisan yang telah kita buat jangan buru-buru kita publish, namun alangkah baiknya kita simpan dulu sebagai Draf dan membacanya ulang setelah kita endapkan beberapa lama (tergantung sobat ingin mengendapkannya berapa lama).

Ini dimaksudkan agar terhindar dari dampak negatif dari keadaan emosional (kurang stabil) kita pada saat menulis dan biasaya akan muncul ide-ide baru untuk menyempurnakan tulisan sebelumnya agar lebih indah.

Sudah pasti para pembaca akan betah dan ingin kembali ke blog sobat untuk sekedar membaca setiap postingan yang sobat publish.

Memahami dan Menghargai Audiens Sobat

Brian Clark, Pendiri dan CEO  Copyblogger"Memahami audiens Anda lebih baik dari mereka memahami diri mereka sendiri."

Brian Clark, Pendiri dan CEO  Copyblogger

Memahami audiens sobat dengan baik adalah hal yang paling penting menurut Brian. Mungkin istilah "Tamu adalah Raja" merupakan ungkapan yang paling tepat.

Memberikan isi konten yang benar-benar dicari dan dibutuhkan oleh audiens. Tidak asal-asalan, tidak membuat pembaca merasa tersesat pada saat mereka masuk ke blog sobat. Tentunya dengan Konten Yang Berkualitas.

Berbeda ketika sobat memberikan konten yang tidak jelas (Judul dan Isi tidak relevan), mereka merasa ditipu dan kemungkinan tindakan cepat yang dilakukan oleh pembaca adalah meng-close blog sobat kalau tidak meninggalkan komentar yang kurang baik.

Otomatis reputasi blog sobat dimata pembaca dan juga mesin pencari pastilah buruk. Tidak ada yang revisit (datang lagi) kecuali mereka keliru. hehehehe

Sebuah blog bukan hanya teknologi atau platform. Tapi juga adalah blog harus memiliki konten yang sebenarnya dengan beberapa elemen dari nilai yang ditargetkan sesuai kebutuhan pembaca. Mungkin banyak yang suka dengan koran. Pembaca tidak hanya melihat sebuah koran sebagai kertas biasa yang diantarkan ke depan rumah sobat setiap pagi. Tapi mereka melihatnya sebagai informasi berharga tentang suatu hal yang mereka butuhkan.

Menjaga para audiens lama lebih baik daripada berharap banyak dari audiens baru. Jaga komunikasi dan berikan yang terbaik adalah kunci utama.

Dapatkan Ide Dari Audiens

Dave Larson, Pendiri Tweetsmarter"Membuat posting blog dari menjawab pertanyaan paling menarik dari orang yang terlibat dengan media sosial Anda."

Dave Larson, Pendiri Tweetsmarter

Hal ini dapat menjadi cara yang bagus untuk mengumpulkan ide-ide topik apa yang orang paling suka baca, yang akan membantu blog sobat tumbuh! Salah satu cara terbaik adalah melalui blog berkomentar atau Tweet maupun facebook.

Dalam satu contoh, di sini pada Blog milik Mas Sugeng di Sugeng.id banyak orang berkomentar di setiap postingannya, tidak jarang dari mereka bertanya bahkan meminta untuk di buatkan postingan baru terkait pertanyaan mereka. Sehingga ide untuk menulis konten baru muncul dengan sangat mudah.

Setelah mendapatkan ide dari Audiens, maka buatlah Konten Berkualitas dan Layak Jadi Referensi. Artinya tulisan kita akan digunakan oleh penulis lain sebagai referensi/rujukan untuk melengkapi tulisan mereka karena konten yang kita punya adalah Konten Yang Berkualitas.

Demikianlah tulisan saya tentang Tips Menulis di Blog Untuk Pemula, Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »