Enam Jenis Blog Yang Wajib Kita Ketahui

Beberapa jenis blog yang harus kita ketahui, mungkin sebagian dari kita pengguna internet sudah tidak asing lagi dengan kata Blog. Sudah tahu apa itu blog dan sudah tahu fungsinya.

Semua punya persepsi masing-masing tentang blog. Kalau kita searching di google pasti sudah tersedia banyak definisi. Dan saya yakin sobat pasti tahu tentang blog karena yang bisa sampai di tulisan ini adalah seorang blogger.

Yang ingin saya bahas adalah Jenis-jenis Blog

Jenis-jenis Blog
Blog ini termasuk yang mana yaa?
Alangkah baiknya jika kita langsung kenalkan dulu dengan jenis-jenis blog. Nah berikut jenis-jenis blog yang perlu sobat ketahui:
  1. Niche Blog
  2. Authority Blog
  3. Corporate Blog
  4. General Blog
  5. Spam Blog
  6. Personal Blog
Dari sekian banyak jenis blog yang ada, sengaja saya hanya berikan enam jenis saja karena itulah yang paling banyak beredar dan paling penting untuk dibedakan. Saya akan bahas satu persatu jenis blog diatas agar lebih mudah dipamahami oleh sobat semua.

1. Niche Blog

Niche Blog adalah blog yang memiliki fokus pembahasan terhadap satu tema tertentu. Blog ini biasanya dikelolah oleh satu atau beberapa blogger yang memiliki minat yang sama berdasarkan nichenya.

2. Authority Blog

Authority Blog atau Blog Otoritas adalah blog yang dikelolah oleh blogger profesional yang benar-benar memiliki keahlian khusus dalam tema tertentu. Biasanya blog seperti ini sering dijadikan rujukan oleh blogger lain karena memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi dan branding image yang kuat. Beda dengan niche blog karena niche blog biasanya membahas suatu tema yang lebih banyak berdasarkan referensi dari blog lain (termasuk blog otoritas) sedangkan blog otoritas berdasarkan keahlian dan buah pikiran si pengelolahnya.

3. Corporate Blog

Corporate Blog atau Blog Perusahaan adalah blog yang dimiliki oleh perusahaan tertentu. Biasanya hanya membahas seputar perusahaan tersebut untuk memudahkan orang lain mendapatkan informasi. Selain itu biasanya dijadikan tempat untuk sosialisasi maupun promosi. Intinya kepentingan perusahaan adalah isi konten dari corporate blog ini.

4. General Blog


General Blog adalah blog yang tidak memiliki niche tertentu, dengan kata lain blog seperti ini adalah blog yang isi kontennya masih campuran alias gado-gado. Blog seperti ini terkadang banyak pengunjung namun bukan pengunjung setia karena tidak memiliki Personal Branding.

5. Spam Blog

Spam Blog atau Blog Spam adalah blog yang seringkali merugikan para pengunjungnya, tidak sedikit juga yang ditipu oleh blog seperti ini. Bahkan ada blog spam yang sengaja menyebarkan virus untuk merusak perangkat pengunjung. Jadi hati-hati jika sobat berkunjung ke blog seperti ini. Sudah saatnya kita sebagai pengguna internet pandai-pandai memilih blog untuk ditongkrongi, jangan langsung klik saja tapi liat dulu blog ini pernah saya kunjungi atau tidak. Apa lagi blog seperti ini biasanya banyak bergentayangan di media sosial terutama facebook sebagai sumber trafiknya karena sudah di blokir oleh mesin pencari seperti google.

6. Personal Blog


Personal Blog atau Blog Pribadi adalah blog yang dikelola oleh seseorang untuk membagikan sesuatu, entah itu dari pengalamannya maupun ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya. Selain itu, terkadang blog pribadi dijadikan sebagai diary elektronik oleh adminnya dan sesekali menulis sesuatu yang disukainya. Oleh karena itu blog pribadi ini terkadang juga masuk dalam kategori general blog karena yang menjadi topik pembahasannya sangat luas berdasar pada pengalaman pribadi pengelolanya.

Sampai disini sobat sudah tahu tentang jenis-jenis blog, itu artinya jika sobat blogger pasti sudah tahu donk  blognya berjenis apa? Jika sobat bukan blogger dan niat punya blog sobat sudah punya gambaran tentang blog apa yang ingin sobat buat. Dan blog ini sendiri juga sudah bisa di tebak jenisnya apa?

Demikian tulisan ini saya berikan kepada sobat untuk mengetahui jenis-jenis blog, semoga bermanfaat. Like Fanspage Facebook Anak Maspul sebagai bentuk dukungan sobat.
Salam Blogger..!!
Previous
Next Post »