Pesona Wisata di Bukit Cekong Kab. Enrekang

Enrekang adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan keindahan alamnya. Deretan pegunungan yang indah bisa kita nikmati disepanjang jalan di Kabupaten Enrekang.
Pesona Wisata Bukit Cekong
Pesona Wisata Bukit Cekong
Kabupaten yang dihuni oleh Etnis Massenrempulu ini memang diakui memiliki tujuan wisata alam yang mengagumkan sejak lama seperti Buntu Kabobong (Gunung Nona) yang sudah dikenal oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Kini, Enrekang mulai giat dan mengeksplor potensi wisata alam yang masih terpendam. Kenalkan wisata alam di tanah Massenrempulu yang baru, namanya Bukit Cekong atau orang keren biasa menyebutnya Cekong Hill.

Bukit Cekong adalah destinasi wisata yang akhir-akhir ini menjadi buah bibir dari berbagai penjuru. Bukit yang berada di Lamba' Doko, Kec. Anggeraja, Kab. Enrekang, Sul-sel. Berhadapan langsung dengan Tebing Mandu (Di Tontonan), serta berada diatas perkebunan dan pemukiman khas masyarakat Maspul.

Bukit Cekong yang awalnya hanya sirkuit balapan trail untuk perhelatan grasstrack dan sekarang menjadi tujuan wisata alam yang menyediakan berbagai wahana ekstrim. Ini adalah ide dari Bapak Hasfan sebagai pentolan (founder) kemudian dibantu teman-teman pecinta olahraga outbound lainnya.
Hafsan (Abang) Pendiri Cekong Hill
Hafsan (Abang) sebagai pencetus dan pengelola Cekong Hill
Hafsan yang memiliki panggilan kecil "Abang" memang sudah berpengalaman dalam hal olahraga outbound, beliau ikut mengelola outbound di Malino (Kab. Gowa) sejak tahun 2004 sampai 2007.

Melihat minat dan antusiasme anak muda maspul, Abang melihat potensi lain dari Bukit Cekong bukan sekedar sirkuit untuk balapan trail namun juga potensi tujuan wisata dengan olahraga outbound.

Terbukti dengan seiring meluasnya kabar tentang Bukit Cekong, kini sudah ramai di datangi pengunjung dari berbagai penjuru. Perbincangan di media sosial dan portal-portal berita serta banyak blogger yang mengulas tentang Bukit Cekong ini juga adalah bukti bahwa Bukit Cekong ini sudah mulai dikenal sebagai destinasi wisata.

Bukit Cekong menyediakan beberapa wahana/permainan ekstrim untuk para pengunjung yang ingin memacu adrenalin. Berikut beberapa wahana yang ada di Bukit Cekong:

Sirkuit BTRT Track

Sirkuit BTRT Track
Source: Ceking Hill (Blog)
Inilah sebenarnya yang menjadi ikon di Cekong Hill, Sirkuit yang diberi nama BTRT Track, dengan panjang lintasan 709m. BTRT Track ini bisa digunakan juga oleh para pengunjung di hari biasa kecuali jika ada event grasstrack. Sirkuit yang terbilang komplit dan cocok untuk sobat yang suka mamacu kuda besi trail.

Swing Extreme

Swing Extreme di Bukit Cekong
Swing Extreme
Main ayunan mungkin menjadi sebuah kesenangan bagi kebanyakan orang. Ayunan adalah sebuah permainan yang tidak lepas dari masa kecil kita. Tapi pernahkah kita bayangkan bermain ayunan di tepi jurang? Di Cekong Hill ada Swing Extreme (Ayunan Maut) yang merupakan  wahana ayunan di ujung jurang dengan ketinggian sekitar 150m dari dasar jurang patut sobat coba. Sensasinya tidak kalah dengan ayunan di Ekuador sana Swing at the end of the world (Ayunan di akhir dunia).

Game Outbound

Game Outbound di Bukit Cekong
Game Outbound
Source: Hastina Hamid (Facebook)
Pengunjung juga ditawarkan permainan yang cukup menantang yaitu Game Outbound, perpindah dari satu pohon ke pohon yang lain. Melatih ketelitian dan keseimbangan sobat. Manguji kecerdasan untuk bisa lolos dari berbagai rintangan.

Flying Fox

Flying Fox di Bukit Cekong
Flying Fox
Source: Nur Afni02 (Instagram)
Sobat juga bisa bermain Flying Fox di Cekong Hill. Terbentang sepanjang 200m dengan ketinggian 4m-20m melintasi area Sirkuit BTRT Track dengan berpindah dari bukit yang satu ke bukit yang lain yang lebih rendah. Flying Fox ini merupakan Flying Fox terpanjang di Sul-sel bahkan Se-Sulawesi. Perlu nyali besar untuk mencobanya namun sekali coba sobat pasti ingin mencobanya lagi.

Teras Pohon

Teras Pohon
Source: Sri Eva (Instagram)
Teras pohon adalah teras-teras yang sengaja dibuat diatas pohon pinus dengan menggunakan bahan besi Hollow 4x4 dengan konstruksi yang aman. Di tempat ini sobat bisa menyaksikan keindahan alam Massenrempulu termasuk gunung, tebing, sungai, pemukiman dan kebun termasuk aktivitas masyarakat Maspul dari atas pohon. Demi keamanan dilengkapi dengan Harnes untuk mengikat tubuh pengunjung pada tali yang telah disediakan. Disini juga bisa kita rasakan sensasi yang sangat menakjubkan. Melakukan Selfie, Groupie, Foto Prawedding dan pengambilan foto landscape.

Camping Ground

Camping Ground
Source: Andriani Arsyad (Instagram)
Yang suka camping, ayo kesini. Lokasi yang cukup luas untuk melakukan kegiatan-kegiatan outbound. Rasakan udara sejuk Massenrempulu dan saksikan awan-awan menyelimuti bukit-bukit.

Itulah beberapa wahana ekstrim yang bisa sobat coba untuk menguji nyali dan memacu adrenalin. Semua wahana cukup sefty dan bersertifikasi Internasional, jadi aman untuk keselamatan karena itu yang menjadi prioritas pengelola. Untuk biaya masuk tidak dipungut biaya kecuali sobat ingin mencoba wahana yang tersedia maka dikenakan biaya registrasi, tidak mahal kok.

Ayo ke Enrekang
Ajak keluarga, teman, pacar dan tetangga sobat untuk kesini.

"Datang kesini Kami tidak memungut biaya, Tidak bermain Kami tidak mengusir, Anda bermain kami sangat berterimakasih" Pesan dari Abang.

Ingat..!!
Datang kesini berarti WAJIB SELFIE/GROUPIE, Upload ke MEDIA SOSIAL dan beri tagar:
#AyoKeCekong
#CekongHill
#IndahnyaEnrekang

Follow juga page Fb Cekong Hill dan kunjungi Blog Cekong Hill.
Previous
Next Post »