ARENPALA Siap Menggaun di Kab. Enrekang

Arenpala (Anak Rimba Massenrempulu Pecinta Alam) adalah sebuah komunitas pecinta alam (KPA) yang berasal dari Kab. Enrekang.

KPA Arenpala didirikan pada tanggal 14 September 2016 di Desa Batu Mila (Malino), Kec. Maiwa, Kab. Enrekang oleh 13 orang.
Logo Arenpala
Logo Arenpala
Nama Arenpala sendiri berasal dari dua penggalan kata yaitu aren dan pala. Aren adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh dan berperan penting dalam kehidupan masyarakat Enrekang. 

Sedangkan Pala adalah akronim dari "pecinta alam" yang kebanyakan digunakan oleh organisasi maupun komunitas yang bergerak dalam bidang lingkungan hidup dan konservasi alam.

Tumbuhan dari keluarga palem ini sengaja dijadikan nama organisasi ini karena memiliki hubungan yang sangat erat dengan masyarakat Enrekang.

Bahkan mata pencarian mayoritas masyarakat Enrekang pada zaman dahulu adalah sebagai penyadap, membuat gula merah dari pohon aren. Bahkan sampai saat ini masih banyak yang menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama, tidak lain karena cara pengelolaannya semakin praktis dan masih sangat menjanjikan.

Disamping itu aren juga merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Tumbuhan serba guna, sama halnya dengan kelapa yang di jadikan lambang pramuka. 

Dengan sifat yang dimiliki pohon aren tersebut, Komunitas Pecinta Alam Arenpala diharap bisa menjadi organisasi yang bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kabupaten Enrekang pada khususnya dan bagi Bangsa dan Negara pada umumnya.
Pendakian perdana Arenpala di Gunung Latimojong
Pendakian perdana Arenpala di Gunung Latimojong
Tidak hanya bergerak dalam bidang minat bakat atau hobi semata seperti mendaki gunung, panjat tebing, dan susur gua tapi juga bergerak dalam bidang sosial dan lingkungan hidup. 

Arenpala juga diharap bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang konsepsi alam dan manusia, meningkatkan kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan, membangun masyarakat yang berkarakter dan tetap menjaga kearifan lokal.

KPA Arenpala kedepannya akan melakukan perekrutan anggota baru, tentunya yang berasal dari bumi massenrempulu (berdarah massenrempulu).

Anggota tidak akan dibatasi oleh profesi maupun umur, yang jelas memiliki visi dan misi yang sama dan tunduk pada aturan organisasi yang berlaku.
Deklarasi dan Pelantikan Pengurus Arenpala
Deklarasi Arenpala
Organisasi ini telah mendeklarasikan diri pada tanggal 15 Oktober 2016 di Kebun Raya Massenrempulu Enrekang (KRME).

Dihadapan Camat Maiwa, Kepala Desa Batu Mila, Kepala UPTD KRME dan tokoh masyarakat lain yang hadir pada saat itu, Arenpala mendeklarasikan diri dan "Siap menggaun di Kab. Enrekang".

Mudah-mudahan dengan langkah positif ini, seluruh masyarakat dan pemerintah Kab. Enrekang mendukung dan bisa bersinergi membangun Kab. Enrekang.

*Untuk mengetahui informasi dan mengikuti aktivitas Arenpala, silahkan follow (like) Fanspage Facebook ARENPALA
Previous
Next Post »